Mengenal Berbagai Jenis Primer dan Pengaplikasiannya untuk Cat Epoxy Anda

Harga Epoxy Lantai – Primer dirancang untuk mendapatkan permukaan yang siap untuk proses pengecatan epoxy. Penting untuk mengetahui berapa banyak lapisan primer yang harus Anda terapkan sebelum pengecatan cat epoxy. Terlalu sedikit lapisan bisa mengakibatkan permukaan tidak dipersiapkan dengan baik, sementara terlalu banyak lapisan mengakibatkan buang-buang waktu dan uang. Untuk mengetahui banyaknya lapisan primer yang harus diaplikasikan, Anda perlu mengetahui berbagai jenis primer. Hal ini dikarenakan jenis-jenis primer ini juga mempengaruhi banyaknya lapisan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa jenis primer dan pengaplikasiannya untuk cat epoxy Anda.

  1. Primer Minyak (Oil Primer)

Primer berbasis minyak ini bertindak sebagai penghalang noda. Untuk noda membandel, Anda cukup mengaplikasikan satu lapisan primer ini. Jika satu lapisan tidak cukup untuk menutupinya, maksimal Anda cukup mengaplikasikan satu lapisan lagi. Karena primer ini memiliki fungsi menutupi noda, maka primer minyak ini sangat cocok untuk permukaan bangunan Anda yang perokok karena permukaan bangunan perokok pasti akan ternoda dari asap rokok tersebut dan hanya primer minyak yang dapat menutupi noda asap rokok tersebut.

  1. Primer Lateks (Latex Primer)

Primer lateks memiliki konsistensi serupa dengan primer minyak meskipun akan sedikit lebih tipis. Primer lateks ini sangat ideal untuk digunakan di permukaan yang mengalami kelembaban. Hal ini dikarenakan minyak dan air tidak dapat bercampur, jadi permukaan yang lembab kemungkinan besar tidak akan menyerap primer dengan dasar minyak. Tetapi, dengan primer lateks yang berbasis air akan diserap baik oleh dinding yang lembab. Sebelum mengaplikasikan primer lateks ini, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan kelembaban pada permukaan tersebut dengan menggunakan kipas. Sedangkan untuk pengaplikasiannya, Anda tidak membutuhkan lebih dari dua lapisan. Bahkan lapisan tunggal pun akan cukup jika dinding tidak rusak dengan cara apapun.

  1. Primer Pelapis Berwarna (Tinted Shellac Primer)

Tinted Shellac Primer ini memiliki tujuan khusus, yaitu menutupi permukaan yang rusak parah baik karena kelembaban ataupun asap. Selain menutupi kerusakan, primer ini juga dapat membantu Anda menutupi bau. Dalam pengaplikasiannya, meskipun primer ini berwarna, tetapi primer ini tidak akan mempengaruhi warna cat akhir Anda. Anda juga dapat memilih warna primer yang sesuai dengan warna cat akhir yang Anda pilih. Anda cukup mengaplikasikan lapisan tunggal untuk menyembunyikan masalah kecil dan lapisan berikutnya dapat ditambahkan agar noda asap atau kerusakan air dapat hilang.

  1. Clear Coat Primer

Clear coat primer ini sangat cocok untuk digunakan pada permukaan yang masih baru. Primer ini jauh lebih tipis dibanding alternatif lainnya. Tujuan primer clear coat adalah untuk menciptakan lapisan di atas permukaan yang akan membantu cat epoxy Anda menempel pada permukaan. Dalam pengaplikasiannya, pada permukaan baru, Anda hanya membutuhkan satu lapisan. Sedangkan, untuk permukaan yang tidak baru, namun masih dalam kondisi sangat baik dan tidak rusak, Anda dapat mengaplikasikan primer sampai tiga lapisan sebelum Anda memulai pekerjaan pengecatan epoxy lantai Anda.

Itulah beberapa jenis primer dan pengaplikasiannya untuk cat epoxy Anda. Pastikan Anda menggunakan primer yang tepat untuk masalah permukaan dan cat epoxy Anda. Bagi Anda yang memiliki permasalahan terkait dengan permukaan lantai dan membutuhkan pengaplikasikan cat epoxy lantai, Anda dapat menggunakan jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com. Jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com ini tidak hanya memberikan Anda hasil tampilan lantai yang lebih rapi, bersih, dan indah, tetapi juga meningkatkan keamanan, kekuatan, dan ketahanan untuk lantai Anda dengan harga yang terjangkau dan kualitas cat epoxy lantai yang baik pula.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *