3D Mural Lantai dan Cat Epoxy Lantai

3D Mural cara mengubah tampilan lantai keramik rumah Anda menjadi menarik dengan efek 3D dari cat epoxy lantai. Tapi, taukah Anda bahwa efek 3D ini sebenarnya sudah dimulai sejak lama? Efek 3D ini dimulai dari kegiatan melukis jalanan atau yang bisa disebut dengan street art yang memanfaatkan sudut perspective agar gambar terasa nyata dan hidup. Street Art ini merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh para seniman dengan memanfaatkan ruangan publik atau lahan yang tidak terpakai untuk melukis menggunakan cat lukis atau cat semprot dan menghasilkan gambar indah.

Di Indonesia sendiri, seni menggambar ini disebut dengan mural. Mural ini bahkan menjadi salah satu hobi favorit di kalangan anak muda karena melukis dengan cara membuat mural ini dapat meningkatkan daya kreativitas. Namun, keterbatasan tempat membuat para seniman mural menjadi lesu dan kurang berekspresi, hanya ada beberapa daerah saja yang benar-benar menyediakan tempat untuk melukis mural. Tapi, sekarang untuk mengakali keterbatasan tempat tersebut, para seniman dapat memanfaatkan lantai rumah untuk melukis mural tersebut bahkan dapat dijadikan sebagai bisnis yang menguntungkan.

Untuk Anda yang ingin lebih memahami dalam melakukan seni menggambar mural 3D pada lantai rumah Anda, berikut ini adalah beberapa cara mengaplikasikan gambar mural 3D tersebut dengan menggunakan cat epoxy lantai.

Cara mengaplikasikan gambar mural 3D dengan mencetak gambar

  1. Pemilihan gambar mural 3D

Pilihlah gambar yang akan Anda terapkan pada lantai rumah Anda tersebut. Perhatikan bagian ruangan rumah Anda yang ingin diaplikasikan dengan mural secara teliti dan seksama agar menimbulkan efek 3D yang nyata.

  1. Mencetak design mural 3D yang akan dipasang

Mencetak gambar mural 3D harus dengan format yang sudah dibuat. Selain itu, design mural 3D juga harus dicetak pada percetakan dengan kualitas terbaik.

  1. Mempersiapkan lapisan dasar

Penyesuaian lapisan yang baik dan benar pada lapisan dasar merupakan suatu keutamaan dalam pemasangan. Proses ini dilakukan sama halnya dengan tahap pengerjaan cat epoxy lantai dalam tahap proses premier.

  1. Lapisan finishing

Lapisan ini adalah lapisan terakhir dari pengecatan epoxy lantai untuk mural 3D. Biasanya, untuk finishing para pekerja menggunakan pernis polyrethan PUR Aquaproof. Waktu pengeringan yang dibutuhkan adalah sekitar 4 jam.

Cara yang dijelaskan diatas adalah cara mengaplikasikan mural 3D dengan cat epoxy lantai, namun menggunakan gambar yang telah dicetak sebelumnya. Tetapi, Anda juga dapat mengaplikasikan mural 3D dengan langsung menggunakan cat epoxy lantai dengan cara berikut ini.

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan permukaan lantai yang akan dicat benar-benar halus.
  2. Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah mengaplikasikan cat dasar, yaitu epoxy primer untuk melindungi bagian permukaannya.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan mengecat ulang dengan menggunakan epoxy gloss dan hardener, gunanya untuk menghasilkan permukaan cat yang bening dan dapat terhindar dari goresan.
  4. Terakhir, menggunakan jasa pengecatan epoxy lantai yang profesional. Hal ini dilakukan karena proses ini cukup rumit bila dikerjakan oleh orang yang belum berpengalaman. Anda dapat menggunakan jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com. Jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com ini akan membantu Anda untuk mendapatkan permukaan lantai 3D yang nyata, rapi, bersih, dan indah serta meningkatkan keamanan, kekuatan, dan ketahanan untuk lantai Anda.

Itulah beberapa cara untuk mengaplikasikan 3D mural lantai dengan menggunakan cat epoxy lantai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *