Cara Melepas Cat Epoxy Lantai dari Permukaan Lantai Beton

Melepas Cat Epoxy

Melepas Cat Epoxy – Kerusakan pada cat epoxy lantai terkadang mengharuskan Anda untuk memperbaikinya secara menyeluruh termasuk dengan melepaskan cat epoxy lantai tersebut dari permukaan lantai beton bangunan Anda. Beton sendiri adalah zat berpori dan sering disegel dengan menggunakan cat epoxy lantai. Cat epoxy lantai yang biasa digunakan untuk menyegel ini akan mencegah kelembaban dan serangga untuk tidak merusak permukaan lantai beton tersebut.

Karena difungsikan untuk menyegel, maka cat epoxy lantai ini cukup sulit dihilangkan. Meskipun demikian, dengan alat yang tepat dan sedikit minyak siku (elbow grease), Anda dapat melepaskan cat epoxy lantai dengan cepat. Berikut ini adalah cara mudah dan cepat yang dapat membantu Anda melepaskan cat epoxy lantai dari permukaan lantai beton bangunan Anda untuk dilakukan perbaikan atau pengecatan ulang.

Langkah 1 – Keselamatan

Untuk menyelesaikan tugas ini dengan sukses, Anda perlu menggunakan pelarut solvents. Pelarut solvents adalah bahan kimia beracun dan perlu ditangani dengan hormat. Jangan pernah mencoba tugas ini, kecuali Anda memiliki masker filter. Masker ini harus selalu dipakai selama perawatan bersama dengan sepasang sarung tangan karet. Jika ada bahan kimia yang masuk ke mata Anda, maka Anda harus segera membilasnya dengan banyak air dan segera mencari perawatan medis.

Langkah 2 – Mengepel Lantai

Mulailah dengan mengepel lantai dengan air bersih. Ini akan membantu menyingkirkan kotoran yang tertinggal di lantai. Ini juga akan membantu menghilangkan minyak atau bahan kimia yang jatuh ke permukaan lantai beton Anda. Penting untuk menghilangkan semua kotoran sebelum Anda memulai, karena jika tidak, proses ini akan menjadi lebih berantakan.

Langkah 3 – Mencampur Stripper

Baca petunjuk pada stripper atau botol pelarut solvent dan campurkan dengan jumlah air bersih dan dingin yang disarankan. Biasanya, Anda akan menambahkan 1 bagian pelarut ke 10 bagian air. Bersihkan pel Anda sebaik mungkin dengan membilasnya beberapa kali.

Langkah 4 – Mengepel dengan Larutan Solvent

Pelarut solvents bisa menjadi bahan berbahaya karena akan menghasilkan panas dan beberapa asap berbahaya. Pastikan bahwa Anda membuka jendela atau menggunakan kipas angin untuk menghilangkan asap, dan berhenti jika Anda merasa aneh. Mulailah mengepel lantai dengan larutan solvent Anda. Bahan kimia akan berkontraksi dengan cat epoxy lantai Anda, yang akan menyebabkan cat epoxy lantai keluar dari lantai. Pastikan Anda terus mengepel sampai semua cat epoxy lantai terlepas dari lantai.

Langkah 5 – Melepaskan Epoxy

Begitu cat epoxy lantai keluar dari lantai, Anda sekarang bisa melepaskan cat epoxy dengan menggoresnya. Buang dan bersihkan lagi pel Anda dengan menggunakan banyak air bersih. Pel seluruh lantai lagi dengan air bersih untuk menghilangkan sisa-sisa bahan kimia. Lalu, biarkan lantai mengering sebelum melakukan hal lain. Untuk mempercepat proses pengeringan, Anda bisa menggunakan kipas yang besar.

Langkah 6 – Mengulangi

Mungkin Anda perlu mengulangi proses ini beberapa kali sebelum Anda bisa menyingkirkan semua cat epoxy lantai dari permukaan lantai beton Anda. Setelah selesai, Anda dapat memulai mempersiapkan proses pengecatan epoxy lantai yang baru.

Itulah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk melepaskan cat epoxy lantai lama Anda dari permukaan lantai beton bangunan Anda. Karena proses pelepasan ini cukup berbahaya, maka sangat disarankan untuk Anda melakukannya menggunakan bantuan orang yang ahli di bidangnya, seperti jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com. Jasa epoxy lantai dari hargaepoxy.com ini akan mempermudah pengerjaan pengecatan cat epoxy lantai dan membantu Anda untuk mendapatkan permukaan lantai rapi, bersih, dan indah serta meningkatkan keamanan, kekuatan, dan ketahanan untuk lantai Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *